Pengertian Teks Deskripsi Dilengkapi Ciri-Ciri dan Contohnya 2024
Sebutkan Ciri Ciri Teks Deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang mungkin sering kamu

By Batu Akik 14 Mar 2024, 10:37:51 WIB Politik
Pengertian Teks Deskripsi Dilengkapi Ciri-Ciri dan Contohnya 2024

Gambar : Ciri Ciri Teks Deskripsi


Sebutkan Ciri Ciri Teks Deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang mungkin sering kamu temui sehari-hari, baik itu dalam berita maupun karya sastra. Teks deskripsi bisa diartikan sebagai tulisan atau narasi yang menceritakan suatu objek melalui proses observasi. Sebelum kamu mempelajari ciri-ciri dan contohnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, deskripsi diartikan sebagai pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Sementara, teks deskripsi merupakan teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci, mengutip Modul Bahasa Indonesia Paket B SMP/MTs yang diterbitkan Kemendikbud.

Dengan demikian, pembaca seolah-olah dapat melihat dan merasakan sendiri apa yang dijelaskan oleh penulis. Kalimat-kalimat yang dituliskan oleh penulis berisi penggambaran, penjelasan, dan uraian singkat tentang suatu objek tertentu.

Adapun tujuan dari teks deskripsi adalah untuk menggambarkan atau melukiskan secara rinci penggambaran suatu objek atau perasaan.

Ciri-Ciri Teks Deskrips

Setidaknya terdapat tiga ciri teks deskripsi, sebagai berikut:

Ciri objek

Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal.

Ciri ini terlihat pada judul berisi objek pada konteks. Sebagai contoh deskripsi burung merak, hal yang dibicarakan khusus pada burung merak berbeda dengan burung lain karena keistimewaannya.

Ciri tujuan

Teks deskripsi bertujuan menggambarkan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek, suasana, atau perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, atau mengalami apa yang dideskripsikan.

Ciri isi teks deskripsi

Berikut ini beberapa ciri-ciri teks deskripsi, yakni:

  • Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek.
  • Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret. Artinya teks
  • menjelaskan secara rinci dan padat akan suatu objek tertentu.
  • Isi teks deskripsi bersifat personal yang menggunakan kata-kata dengan emosi yang kuat.

Pengertian, Ciri, serta Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif

Contoh Teks Deskripsi

Perhatikan contoh teks deskripsi berikut berjudul "Merak Hijau yang Memesona".

Merak Hijau yang Memesona

Merak hijau adalah salah satu jenis satwa yang dilindungi. Keindahan bulunya sungguh memesona. Apalagi merak hijau jantan yang memiliki ekor panjang dan mampu mengembang bagai kipas raksasa. Merak jantan sengaja mengembangkan ekornya untuk menarik merak betina.

Merak hijau mempunyai bulu yang indah yang berwarna hijau keemasan. Pada setiap helai bulunya terdapat bintik-bintik mata yang menjadi indah bila sang merak mengembangkan bulu-bulunya.

Saat mengembang, merak akan berjalan dengan dengan anggun laksana model yang berjalan di panggung pertunjukan.

Burung merak jantan dewasa berukuran sangat besar dengan ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.

Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Mukanya memiliki aksen warna hitam di sekitar mata dan warna kuning cerah di sekitar kupingnya.

Sayang, keberadaan Merak Hijau terus berkurang. Ini diakibatkan oleh rusaknya habitat dan perburuan liar. Burung langka yang indah ini diburu untuk diambil bulunya ataupun diperdagangkan sebagai bintang peliharaan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment