Pengertian Teks Biografi Dan Ciri Cirinya Terbaru 2024
Ciri Ciri Teks Biografi Dalam pelajaran bahasa Indonesia Di sini Anda dapat menemukan

By Batu Akik 15 Mar 2024, 09:27:23 WIB Sekitar Kita
Pengertian Teks Biografi Dan Ciri Cirinya Terbaru 2024

Gambar : Ciri Ciri Teks Biografi


Ciri Ciri Teks Biografi Dalam pelajaran bahasa Indonesia Di sini Anda dapat menemukan konten yang berkaitan dengan teks biografi. Singkatnya, teks biografi adalah cerita tentang, atau tentang, orang penting.

Pengertian Teks Biografi

Menurut buku Perilaku Organisasi sebagai Konsep dan Analisis, biografi adalah salah satu jenis karya sastra yang menyerupai kisah hidup orang terkenal, seperti pahlawan, politikus, aktor, atau atlet.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Ketika Anda memahami makna biografi, Anda akan dapat memahami inti pesannya. Berikut uraian biografi yang dikutip dari buku teks biografi. “Tirulah kisah hidup seseorang melalui pengalaman.”

Sertakan fakta

Ciri-ciri biografi yang pertama adalah tersusun atas fakta-fakta. Fakta ini lebih dari sekedar data statistik. Namun, saya juga punya banyak pengalaman dalam menulis.

Dengan kata lain, menulis buku teks biografi bukanlah sebuah novel. Tapi mari kita bicara fakta dan informasi tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Adanya permasalahan yang saling bertentangan.

Ciri lain dari teks biografi adalah mengandung kontradiksi dan permasalahan. Sebab, biografi memuat lintasan hidup seseorang yang sesungguhnya. Ini adalah hal yang sangat menarik.

Memiliki struktur dan kerangka waktu yang jelas.

Salah satu ciri yang tak kalah penting adalah adanya struktur dan kerangka waktu yang jelas agar teks biografi tersusun dengan baik.

Selain memudahkan pembaca dalam membaca, struktur teks juga memudahkan penulis dalam menulis. Hal ini karena isi pesannya terstruktur.

Terdapat pesan instruksional.

Biografi yang baik harus mengandung pesan yang dapat membantu pembacanya dalam menjalani kehidupan.

Salah satu alasan menulis cerita seorang tokoh adalah agar pembaca mengetahui semua pengalamannya dan keputusan yang harus diambilnya.

Tetap berpegang pada cerita

Ciri-ciri teks biografi berikut ini ditandai dengan adanya unsur sejarah dalam teks tersebut. Sebab penceritaan yang digunakan berfokus pada pengalaman tokohnya.

Inilah sebabnya mengapa teks biografi seringkali memuat kisah-kisah orang-orang hebat. Alasannya, kita punya sumber daya manusia yang unggul. Mereka memiliki pengalaman hidup yang baik dan dapat mengubah pandangan banyak orang.

Kecuali tentu saja orang yang disebutkan dalam biografi itu adalah orang yang tidak dikenal.

Beri ruang

Sekalipun menceritakan fakta tentang pengalaman hidup seseorang. Namun teks biografi juga mempunyai peran. Setting ini berbeda-beda tergantung dari mana tokoh tersebut diceritakan atau berasal.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment