Hari Ini Hari Apa
Tanggal 24 Februari diperingati beberapa hari penting

By Batu Akik 24 Feb 2024, 12:35:05 WIB Internasional
Hari Ini Hari Apa

Gambar : Hari Ini Hari Apa


Tanggal 24 Februari diperingati beberapa hari penting. Lalu tanggal 24 Februari 2024 diperingati pada hari apa?
Banyak momen bersejarah dan hari raya keagamaan yang dirayakan pada hari ini. Di Indonesia sendiri, tanggal tersebut diperingati sebagai hari jadi himpunan mahasiswa Nadlatul Ulama.

Perayaan keagamaan juga berlangsung pada hari ini, yaitu Malam Nisfu Syaban dan Cap Go Meh.

Hari HUT Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IPNU).

Hari Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IPNU) diperingati setiap tanggal 24 Februari. Tahun ini IPNU merayakan hari jadinya yang ke-70.

Berdasarkan laman resmi Nahdlatul Ulama, Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IPNU) didirikan pada tanggal 24 Februari 1954 di Semarang. IPNU sendiri merupakan organisasi otonom NU yang diperuntukkan bagi pelajar dan santri berusia 30 tahun ke bawah.

Untuk memperingati hari jadinya yang ke 70, motto IPNU adalah “Mahasiswa Kebudayaan Memenangkan Indonesia”. Dalam perayaan tersebut, Pimpinan Pusat (PP) IPNU juga mengimbau penyebaran Harlah di media sosial dan mengunggah film dokumenter Harlah dengan tagar #HarlahIPNU70 #KeadabanLajarWenangkanIndonesia.

Hari Kemerdekaan Estonia

Tanggal 24 Februari adalah hari bersejarah bagi Estonia. Tanggal ini menandai peringatan berdirinya Republik Estonia, negara Eropa utara yang berbatasan dengan Laut Baltik dan Teluk Finlandia.

Menurut National Today, Manifesto Rakyat Estonia pertama kali diproklamasikan pada tanggal 23 Februari 1918. Manifesto tersebut diumumkan dari balkon Teater Endia di Pärnu. Sebagai pernyataan kemerdekaan dari kekuasaan Soviet-Rusia

Estonia mengalami banyak perjuangan untuk mencapai kemerdekaannya. Sebelum deklarasinya pada tahun 1918, Soviet Rusia menguasai Estonia. Namun, setelah Rusia mundur dan manifesto dibacakan, Jerman mulai melakukan pendudukan paksa hingga akhir Perang Dunia Pertama. Menghadapi kekalahan dalam Perang Dunia I, Jerman tidak punya pilihan selain mengembalikan kekuasaan kepada pemerintahan sementara Estonia pada 19 November. , 1918.

Sayangnya, kemerdekaan Estonia setelah pendudukan Jerman tidak bertahan lama, karena Soviet Rusia sekali lagi menghancurkan Estonia pada tanggal 28 November 1918. Peristiwa ini juga berujung pada Perang Kemerdekaan Estonia.

Perang berakhir pada bulan Februari 1920 dengan penandatanganan Perjanjian Damai Tartu, di mana Soviet Rusia berjanji untuk tidak mengklaim Estonia.

Pada tahun 1941 Estonia diduduki kembali oleh Jerman. Belakangan, Soviet Rusia kembali berkuasa.

Pada tahun 1988, gerakan kemerdekaan dimulai dengan pendirian partai politik dan protes. Akhirnya, pada tanggal 20 Agustus 1991, Estonia mendapatkan kembali kedaulatannya setelah Revolusi Song yang damai melawan kekuasaan Soviet. Peristiwa ini menjadi sebuah revolusi unik dimana musik digunakan sebagai alat perlawanan dan ekspresi sikap.

Untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut, tanggal 24 Februari ditetapkan sebagai hari libur nasional di negara ini. Warga Estonia kemudian merayakan hari raya tersebut dengan mengibarkan bendera tradisional di Toompea, sebuah bukit di ibu kota Tallinn.

Cap Go Meh

Jadi Cap Go Meh bisa dibawa ke pesta pada malam tanggal 15.

Dengan kata lain banyak yang bertanya hari ini hari apa, Cap Go Meh dirayakan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Atau hari ke 15 dalam penanggalan lunar Cina.

Pada tgl 24 februari tahun 2024, Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Oleh karena itu, Festival Cap Go Meh akan dirayakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Dalam website Universitas Binur juga dijelaskan bahwa Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi Tionghoa yang disebut Yuan Xiao Jie (???) yang artinya Festival Lampion. 4000 SM secara ritual membawa serangkaian lentera.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment