Gejala HIV pada Pria yang Harus Anda Ketahui di Tahun 2024
Ciri Ciri HIV Pada Pria Gejala HIV pada pria sangat berbeda dengan wanita

By Batu Akik 14 Mar 2024, 10:59:51 WIB Kesehatan
Gejala HIV pada Pria yang Harus Anda Ketahui di Tahun 2024

Gambar : Ciri Ciri Hiv Pada Pria


Ciri Ciri HIV Pada Pria Gejala HIV pada pria sangat berbeda dengan wanita. Pria yang terinfeksi HIV mungkin mengalami gejala-gejala umum, terutama jika mereka juga menderita infeksi menular seksual lainnya. Mulai dari nyeri pada penis hingga pembengkakan pada buah zakar.

Begitu virus HIV masuk ke dalam tubuh, penderita tidak langsung menunjukkan gejala tertentu. Gejala biasanya muncul 2 hingga 4 minggu setelah tubuh terinfeksi HIV, kemudian hilang, namun bisa kembali lagi di kemudian hari.

Gejala awalnya berupa gejala mirip flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Namun, gejala HIV sebenarnya berbeda-beda pada setiap pasien. Tergantung pada usia, sistem kekebalan tubuh, viral load dan resistensi

Tahap awal infeksi HIV disebut periode jendela dan dapat berlangsung selama beberapa bulan. Seiring berjalannya waktu, virus berkembang biak di dalam tubuh dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Tanpa pengobatan, infeksi HIV dapat memasuki stadium lanjut dan berkembang menjadi AIDS. (Congenital Acquired Immune Deficiency Syndrome) Pada kondisi ini kemampuan tubuh dalam melawan penyakit berkurang. Menempatkan pasien pada risiko infeksi, penyakit tertentu seperti TBC bahkan kanker.

Gejala HIV pada pria yang harus diwaspadai antara lain

Luka Pada Penis

Gejala infeksi HIV pada pria mungkin berupa bisul pada penis. Pada dasarnya, HIV dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi menular seksual. Sebaliknya, gejala utama penyakit sipilis adalah adanya luka pada penis. Lesi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun mungkin disertai gejala lain seperti nyeri pada bibir, anus, atau tangan.

Nyeri pada penis saat buang air kecil

Gejala HIV pada pria seringkali disertai dengan gejala infeksi menular seksual lainnya, seperti gonore dan klamidia. Keduanya bisa menimbulkan rasa sakit dan perih saat buang air kecil.

Pembengkakan buah zakar

Gejala HIV yang berhubungan dengan klamidia atau gonore termasuk risiko pembengkakan testis. Hal ini terutama terjadi jika semua infeksi menular seksual tidak diobati dengan cepat dan tuntas. Kondisi ini sering disebut epididimitis.

Nyeri saat ejakulasi

Nyeri saat ejakulasi pada pria seringkali merupakan tanda infeksi HIV dan harus diwaspadai. Gejala ini disebut orgasmia dan merupakan gejala utama penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, klamidia, dan trikomoniasis.

Menurunnya hasrat seksual

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi HIV dapat menyebabkan kerusakan otak. Terutama kelenjar pituitari. Kelenjar ini berperan penting dalam produksi hormon reproduksi. Ini mengandung hormon testosteron

Jika kelenjar pituitari pria rusak, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kadar testosteron. Gairah seksual pria menurun.

Gejala infeksi HIV pada pria di atas belum tentu muncul pada semua penderita, dan sering kali terjadi bila infeksi HIV dikombinasikan dengan infeksi menular seksual lainnya.

Namun pada stadium yang lebih lanjut, infeksi HIV dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu pasien berisiko mengalami komplikasi seperti pneumonia dan infeksi jamur serius pada kulit dan organ dalam. dan bahkan kekurangan gizi yang parah

Jika Anda memiliki gejala, infeksi HIV pada pria bermanifestasi dengan gejala umum HIV lainnya, seperti demam terus-menerus, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Dan berat badannya turun banyak tanpa alasan apapun. Untuk deteksi dini dan pengobatan HIV, pasien sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment