Gejala Diabetes Yang Harus Anda Ketahui Ditahun 2024
Ciri Ciri Penyakit Gula Gejala diabetes antara lain sering lapar dan merasa lelah

By Batu Akik 14 Mar 2024, 11:13:44 WIB Kesehatan
Gejala Diabetes Yang Harus Anda Ketahui Ditahun 2024

Gambar : Ciri Ciri Penyakit Gula


Ciri Ciri Penyakit Gula Gejala diabetes antara lain sering lapar dan merasa lelah. Selain itu, ada beberapa gejala awal diabetes yang perlu Anda waspadai. Terutama orang-orang yang berisiko terkena diabetes. Untuk mengobati diabetes sejak dini dan menghindari komplikasi.

Ada dua jenis diabetes diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya dimulai dari masa masa kanak-kanak hingga  remaja. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering jatuh  kepada orang berusia  diatas rata rata 40 tahun.

Jika tidak ditangani dengan baik, diabetes dapat dengan cepat menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, perlu diketahui sifat penyakit diabetes sedini mungkin agar dapat segera diobati.

Gejala Diabetes

Gejala awal diabetes tipe 1 dan tipe 2 seringkali serupa. Namun, pada penderita diabetes tipe 1, gejalanya mungkin muncul lebih awal dan lebih parah. Di sisi lain, penderita diabetes tipe 2 seringkali tidak menunjukkan gejala. yang lain kecuali Anda merasa sakit.

Daftar Ciri Ciri Sudah Terkenak Penyakit Diabetes

Waspadai gejala diabetes berikut ini untuk mencegah gejala bertambah parah:

Saya Sering Merasa Lapar dan Lelah.

Tubuh membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi bagi tubuh. Namun, penderita diabetes mengalami resistensi insulin. Hal ini membuat tubuh tidak mampu memproses glukosa.

Bila keadaan ini muncul energi tubuh akan terkuras. Menyebabkan gejala diabetes seperti mudah lelah dan merasa lapar.

Sering Buang Air Kecil

Aspek diabetes ini sering kali dikenali sebagai gejala awal diabetes. Pada penderita diabetes, kelebihan gula dalam darah menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring dan menyerap gula darah. Urine berlebih diproduksi di dalam tubuh sehingga menyebabkan sering buang air kecil.

Oleh karena itu, jika Anda buang air kecil lebih dari 7 kali sehari, sebaiknya temui dokter.

Saya sering merasa haus bahkan setelah minum terlalu banyak alkohol.

Saat Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak air. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi. Dan penderita diabetes sering merasa haus. Yang dimana semakin banyak kita memimum air semakin banyak juga kita buang air kecil.

Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan dimana tanpa mengubah pola makan merupakan salah satu ciri  ciri umum diabetes pada penderita diabetes tipe 1. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang relatif cepat karena tubuh tidak mendapatkan cukup energi dari makanan. Akibatnya, otot dan lemak yang tersimpan di dalam tubuh dibakar untuk menghasilkan energi.

Mulut dan Kulit Terasa Kering.

Sering buang air kecil yang merupakan ciri khas penyakit diabetes dapat menyebabkan dehidrasi (dehidrasi). Karena dehidrasi, kulit Anda kehilangan kelembapan. Membuat mulut dan kulit terasa kering. Dalam beberapa kasus, kulit menjadi sangat kering sehingga kulit mulai terasa gatal.

Penglihatan Kabur

Perubahan keseimbangan cairan akibat peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan pembengkakan pada lensa mata. Mengubah fokus mata dan mempengaruhi penglihatan. Jika kondisi ini berlangsung lama, penderita diabetes bisa mengalami penglihatan kabur dan bahkan menjadi buta.

Luka Sulit Disembuhkan.

Ciri-ciri diabetes selanjutnya adalah luka yang sulit disembuhkan. Kadar gula darah yang tinggi dapat membatasi aliran darah dan mengganggu proses penyembuhan alami.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment