Daftar Ciri Ciri Planet Mars Terbaru 2024
Ciri Ciri Planet Mars merupakan salah satu planet di tata surya dan memiliki ciri khas yang unik.

By Batu Akik 11 Mar 2024, 09:57:24 WIB Internasional
Daftar Ciri Ciri Planet Mars Terbaru 2024

Gambar : Ciri Ciri Planet Mars


Ciri Ciri Planet Mars merupakan salah satu planet di tata surya dan memiliki ciri khas yang unik. Salah satu ciri Mars adalah warnanya yang merah. Oleh karena itu disebut juga planet merah.

Memahami Pengertian Tentang Planet Mars

Menurut Universitas Esa Ungur, Mars merupakan planet keempat dari Matahari. Pada tahun 1534 SM, orang Mesir kuno mengamati pergerakan Mars. Bangsa Babilonia mulai mengamati perilaku dan posisi Mars pada abad ke-4 SM. Astronom Tiongkok/China mengamati Mars pada abad ke-4 SM, dan astronom India memperkirakan diameternya pada abad ke-4 SM.

Daftar Ciri Ciri Planet Mars

Mengutip dari website NASA, ciri-ciri Mars adalah:

Merah Kemerahan

Salah satu ciri Mars adalah warnanya yang kemerahan. Karena itulah Mars mendapat julukan planet merah. Warna merah ini disebabkan oleh oksida besi yang melimpah di bumi.

Jarak Dari Matahari

Mars berjarak sekitar 227 juta kilometer dari Matahari. Jarak terdekat 206 juta kilometer, dan terjauh 246 juta kilometer.

Ukuran dan Volume Mars

Diameter Mars sekitar 6779 kilometer. Volume Mars sekitar 1632x10^11 kilometer kubik. Mars berukuran sekitar setengah ukuran Bumi.

Klasifikasi Planet

Mars merupakan bagian dari planet kebumian dan termasuk dalam kategori planet dalam. Planet kebumian adalah planet yang komposisi utamanya terdiri dari batuan silikat atau logam. Planet dalam adalah planet yang paling dekat dengan Matahari.

Topografi

Permukaan Mars sangat beragam. Permukaan planet ini terdiri dari kawah, lembah, gurun, dan gunung berapi, dan kutubnya ditutupi kubah es.

Suhu

Suhu di Mars bisa mencapai 20 derajat Celcius atau -153 derajat. Namun suhu rata-rata permukaan Mars sekitar -46 derajat Celcius.

Atmosfernya yang sangat tipis membuat panas matahari mudah keluar. Jika Anda berdiri di permukaan Mars di garis khatulistiwa pada siang hari, Anda akan merasakan pegas di bawah kaki Anda (24 derajat Celcius). Saya bahkan bisa merasakan musim dingin di kepala saya (0 derajat Celcius).

Suasana

Mars memiliki atmosfer yang lebih tipis dibandingkan Bumi. Atmosfer terdiri dari gas karbon dioksida (95%), nitrogen (3%), oksigen, argon dan uap air.

Rotasi dan Revolusi

Periode rotasi Mars sekitar 24,6 jam dan periode orbitnya sekitar 687 hari. Artinya, satu hari di Mars hampir sama dengan satu hari di Bumi. Tapi satu tahun di Mars jauh lebih lama. Sumbu rotasi Mars dimiringkan 25 derajat terhadap bidang orbit Mars mengelilingi Matahari.

Satelit

Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos. Dua bulan mengorbit Mars.

Phobos dan Deimos mungkin telah ditangkap oleh asteroid. Satelit ini berbentuk seperti kentang dan massanya sangat kecil. Gravitasi tidak bisa membuatnya bulat.

Musim

Seperti Bumi, Mars memiliki musim yang berbeda-beda, namun musimnya berlangsung lebih lama dibandingkan di Bumi. Pasalnya, Mars membutuhkan waktu untuk mengorbit Matahari.

Di Bumi, musim tersebar merata sepanjang tahun dan biasanya berlangsung selama tiga bulan. Karena orbit Mars berbentuk elips, Mars mempunyai musim yang berbeda-beda.

Tidak  Adanya Cincin

Mars tidak memiliki cincin. Namun ketika Phobos bertabrakan dengan Mars atau pecah setelah 50 juta tahun, cincin mirip debu terbentuk di sekitar Mars.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment