Daftar Ciri Ciri Orang Munafik Menurut Islam 2024
Ciri Ciri Orang Munafik Kemunafikan adalah moralitas yang keji

By Batu Akik 13 Mar 2024, 10:03:20 WIB Sekitar Kita
Daftar Ciri Ciri Orang Munafik Menurut Islam 2024

Gambar : Ciri Ciri Orang Munafik


Ciri Ciri Orang Munafik Kemunafikan adalah moralitas yang keji. Faktanya, Allah SWT mengancam orang-orang munafik dalam Kitab Taubah ayat ke-68-Nya.

Ciri Ciri Orang Orang Munafik Menurut Al Quran 

Terlalu Malas Untuk  Melakukan Beribadah.

Ciri-ciri orang munafik yang pertama adalah lambatnya beribadah. Hal ini tertuang dalam surat an-Nisa ayat 142. Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya orang-orang munafik berusaha menipu Allah. Namun Allah menipu mereka. Ketika mereka bangun untuk berdoa, mereka melakukannya dengan malas. Maksudnya, mereka senang dihadapan orang (mengharapkan kekaguman). Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sebagian kecil saja” (An-Nisa: 142).

Suka Menipu Atau Berbohong

Tentang sifat kemunafikan yang kedua. Hal ini dijelaskan dalam ayat 8 dan 9 surat Al-Baqarah, dimana Allah SWT berfirman:

Ada orang yang mengatakan, “Kami beriman kepada Allah dan Hari Akhir,” padahal mereka tidak beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman. Tetapi mereka tidak mengetahui, melainkan mereka menipu diri mereka sendiri” (al-Baqarah: 8-9).

Pembohong

Kemunafikan identik dengan kebohongan. Mereka suka berbohong ketika berbicara, sebagaimana tercantum dalam ayat pertama surat Al-Munafiqun:

Ketika orang-orang munafik mendatangimu (wahai Muhammad) mereka berkata. Kami setuju bahwa kamu adalah Utusan Allah.'' Dan Allah mengetahui bahwa kamu adalah Utusan yang sejati. Dan Allah menjadi saksiku bahwa orang-orang munafik itu sungguh-sungguh menipuku. ” (Al-Munafiqun: 1).

Suka Melakukankan Pengkhianatan Ingkar Janji Dan Ketidakadilan.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh umat Islam menyatakan bahwa orang munafik mempunyai empat ciri: Ia berkata dari Abdullah bin Amr Radiyalhu Anhu bahwa Rasulullah (saw) bersabda:

Ada empat keutamaan, dan jika seseorang memiliki keempat keutamaan tersebut, maka dia benar-benar munafik. Jika dia mempunyai salah satu dari tanda-tanda tersebut, berarti ada tanda-tanda kemunafikan dalam dirinya hingga dia meninggalkan perbuatannya. Jika saya mengatakan itu, Anda berbohong kepada saya. Jika kesepakatan dibuat, kesepakatan itu tidak ditepati. Jika ada konflik maka akan timbul ketidakadilan” (Muslim).

Selalu Mengajak Berbuat Jahat Maupun Maksiat 

Ayatnya yang ke 67 dalam Surat Taubah menyatakan bahwa orang munafik juga adalah orang yang jahat. Mereka mengajakmu berbuat jahat dan menghalangimu berbuat baik.

Laki-laki dan perempuan munafik adalah satu dan sama, memerintahkan (melaksanakan) keburukan dan mencegah (melaksanakan) kebaikan, saling bahu-membahu. (dengan menyedihkan) mereka melupakan Allah. Allah juga akan melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik adalah orang-orang jahat.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment