Contoh Teks Negosiasi Jual Beli 2024
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli adalah salah satu hal yang di lakukan dalam sehari hari dimana kita selalu saling tawar menawar.

By Batu Akik 26 Mar 2024, 14:51:27 WIB Gaya Hidup
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli 2024

Gambar : Contoh Teks Negosiasi


Contoh Teks Negosiasi Jual Beli adalah salah satu hal yang di lakukan dalam sehari hari dimana kita selalu saling tawar menawar. Dalam membeli barang atau lainnya yang dimana ada dua pihak yaitu penjual & pembeli yang selalu berdebat. Dalam menawar dan tawar contoh simpel nya ada di bawah ini: 

Penjualan Kendaraan Bekas

A: Penjual B: Pembeli

A: Selamat pagi, Pak Budi. Apakah Anda tertarik dengan mobil ini?

B: Selamat pagi, Pak Agus. Ya, saya tertarik dengan mobil tersebut. Namun, saya ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai kondisinya.

A: Tentu, Pak. Mobil ini merupakan Honda Jazz tahun 2015. Saya telah merawatnya dengan baik, dan servis rutin dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Tidak ada masalah mesin atau kerusakan yang signifikan.

B: Bagaimana dengan kondisi fisiknya? Apakah ada cacat atau kerusakan pada bodi mobil?

A: Secara umum, bodi mobil ini masih dalam kondisi baik. Namun, ada beberapa goresan kecil di bagian bumper belakang akibat parkir di tempat yang sempit. Namun, hal tersebut dapat diperbaiki dengan biaya yang tidak terlalu besar.

B: Baiklah, saya mengerti. Bagaimana dengan harga yang Anda tawarkan?

A: Saya menjual mobil ini dengan harga Rp 150 juta. Namun, saya bersedia untuk bernegosiasi

B: Sebelumnya, terima kasih atas penjelasannya. Saya melihat kondisi mobil ini cukup baik. Namun, saya berharap bisa mendapatkan harga yang lebih baik. Apakah Anda bersedia untuk memberikan diskon?

A: Saya mengerti, Pak Budi. Bagaimana jika saya turunkan harga menjadi Rp 145 juta? Itu sudah termasuk diskon yang cukup besar.

B: Hmm, saya pikir harga tersebut masih agak tinggi untuk mobil bekas tahun 2015. Bagaimana jika kita sepakat pada harga Rp 140 juta?

A: Baiklah, saya setuju dengan Rp 140 juta. Namun, saya harap Anda juga bisa membantu dengan proses administrasi seperti surat-surat kendaraan.

B: Tidak masalah, Pak Agus. Saya akan membantu Anda dengan proses tersebut. Apakah kita bisa segera menyelesaikan transaksi ini?

A: Tentu, Pak Budi. Mari kita lanjutkan ke meja transaksi untuk menyelesaikan dokumen-dokumen yang diperlukan.

B: Baiklah, saya akan mengikuti Anda.

A: Sekarang, mari kita isi formulir jual beli ini. Saya akan memerlukan beberapa dokumen dari Anda.

B: Tentu, Pak Agus. Berikut adalah KTP dan dokumen lainnya yang diperlukan.

A: Baik, terima kasih. Sekarang, saya akan menyiapkan surat jual beli dan semua dokumen lainnya.

[Beberapa saat kemudian]

A: Inilah surat jual beli dan semua dokumen yang telah selesai diisi. Silakan periksa terlebih dahulu sebelum Anda menandatanganinya.

B: Terima kasih, Pak Agus. Semuanya terlihat baik. Saya akan menandatanganinya sekarang.

[Pembeli menandatangani dokumen tersebut]

A: Baiklah, transaksi telah selesai. Ini adalah kunci dan semua dokumen yang Anda butuhkan. Saya berharap Anda puas dengan pembelian ini.

B: Terima kasih banyak, Pak Agus. Saya benar-benar puas dengan transaksi ini. Jika ada yang perlu saya hubungi, apakah saya bisa menghubungi Anda?

A: Tentu saja, Pak Budi. Silakan hubungi saya kapan saja jika ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut mengenai mobil ini.

B: Terima kasih, Pak Agus. Sampai jumpa!

A: Sampai jumpa, Pak Budi. Semoga Anda menikmati mobil baru Anda. Selamat berkendara!

Negosiasi jual beli merupakan bagian penting dalam proses transaksi. Dalam contoh di atas, penjual dan pembeli saling berdiskusi mengenai kondisi barang yang akan dibeli, harga yang ditawarkan, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan transaksi. Dengan komunikasi yang baik, kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan yang memuaskan dan menyelesaikan transaksi dengan lancar.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment