Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening Yang Wajib Di Tindak Lanjut 2024
Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening Kelenjar getah bening yang terinfeksi dan kelenjar

By Batu Akik 14 Mar 2024, 15:37:27 WIB Kesehatan
Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening Yang Wajib Di Tindak Lanjut 2024

Gambar : Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening


Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening, Kelenjar getah bening yang terinfeksi dan kelenjar getah bening yang terkena kanker terlihat serupa tetapi memiliki gejala yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sifat kelenjar getah bening yang bersangkutan, apakah disebabkan oleh infeksi atau kanker, sehingga dapat dideteksi sejak dini dan diobati dengan tepat.

Gejala Kelenjar Getah Bening Yang Terinfeksi

Gejala infeksi kelenjar getah bening biasanya berupa pembengkakan kelenjar getah bening. Benjolan ini lembut saat disentuh dan terasa nyeri.

Selain munculnya benjolan pada kelenjar getah bening, infeksi juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti:

  • Panas
  • Sakit tenggorokan
  • Keringat malam
  • Masuk angin

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi bisa terjadi karena penyakit tertentu seperti infeksi telinga, ISPA dan TBC.

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi biasanya hilang setelah penyebab infeksinya teratasi. Jika infeksinya hilang, namun kelenjar getah bening masih membengkak. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Sel kanker pada kelenjar getah bening bisa berasal dari kelenjar getah bening itu sendiri atau dari penyebaran sel kanker dari organ lain. (Metastasis) Kanker yang dimulai di kelenjar getah bening disebut limfoma. Limfoma dibagi menjadi dua jenis: Limfoma Hodgkin dan Limfoma non-Hodgkin.

Hal yang sama berlaku untuk kelenjar getah bening yang terinfeksi. Kelenjar getah bening yang bersifat kanker ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang tampak menggumpal.

Selain itu, limfoma dapat menimbulkan sejumlah gejala, antara lain:

  • merasa lelah sepanjang waktu
  • Panas
  • kulit yang gatal
  • keringat malam
  • sulit bernafas
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Ini digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan menentukan apakah pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh infeksi atau kanker. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan beberapa tes. Prosesnya diawali dengan pemeriksaan fisik, dilanjutkan dengan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan radiologi seperti CT scan atau MRI, dan biopsi.

Setelah penyebab pembengkakan limfatik ditentukan, dokter Anda akan memutuskan pengobatan yang tepat untuk Anda. Perawatan yang mungkin dilakukan meliputi terapi obat, terapi radiasi, dan pembedahan.

Perawatan untuk pembengkakan kelenjar getah bening bervariasi. Tergantung pada penyebabnya, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah pembengkakan kelenjar getah bening yang Anda alami disebabkan oleh infeksi atau kanker.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment