Apa Itu Literasi Menurut Berbagai Para Ahli 2024
Pengertian Apa Itu Literasi Literasi adalah kemampuan mengolah dan memahami informasi melalui proses membaca dan menulis

By Batu Akik 26 Mar 2024, 14:52:59 WIB Internasional
Apa Itu Literasi Menurut Berbagai Para Ahli 2024

Gambar : Apa Itu Literasi


Pengertian Apa Itu Literasi Literasi adalah kemampuan mengolah dan memahami informasi melalui proses membaca dan menulis. Seiring dengan perkembangan kita, definisi literasi juga terus berkembang sebagai jawaban terhadap tantangan zaman. Sebelumnya, literasi adalah definisinya. Saat ini, istilah tersebut mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Dan itu meluas ke praktik budaya yang berkaitan dengan masalah sosial dan politik.

Memahami Literasi Dari Berbagai Menurut Para Ahli

Oleh karena itu, untuk lebih memahami apa itu literasi, Anda bisa simak ide dari sumber berikut ini:

Menurut Elizabeth Salsby

Menurut Elizabeth Sulzby 1986, ini adalah keterampilan berbahasa yang dimiliki orang untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda: “membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis” tergantung pada tujuannya. Secara sederhana, literasi adalah kemampuan membaca dan menulis 

Menurut Harvey J. Graff

Menurut Harvey J. Graff “2006”, itu adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

Menurut Jack Goode

Menurut Jack Goode, itu adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

Menurut Merriam-Webster.

Menurut Kamus Online Merriam-Webster, itu adalah kemampuan atau kualitas literasi seseorang, termasuk membaca, menulis, dan mempersepsikan serta memahami ide secara visual.

Menurut UNESCO

Menurut UNESCO, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, literasi adalah seperangkat keterampilan praktis, terutama keterampilan membaca dan menulis, yang tidak bergantung pada konteks di mana keterampilan tersebut diperoleh atau siapa yang memperolehnya.

Menurut Provinsi Alberta

Menurut Provinsi Alberta, literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif sehingga dapat mengembangkan potensi diri dan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. .

Lembaga Literasi Nasional

National Institute for Literacy mendefinisikan literasi sebagai “kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung, dan memecahkan masalah”. Persoalan terkait tingkat keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja, berkeluarga, dan bermasyarakat.'' Definisi ini menafsirkan literasi dari perspektif yang lebih kontekstual.

Pusat Pengembangan Pendidikan (EDC)

Educational Development Center (EDC) menyatakan bahwa literasi lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, literasi merupakan kemampuan individu dalam memanfaatkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimilikinya dalam kehidupan. Pahami bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata-kata dan membaca dunia.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment